RPP K13 Sepakbola kelas X



RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                : SMA
Kelas/ Semester                     : X/ Semester Ganjil
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan
Materi Pokok                        : Sepakbola
Alokasi Waktu                       : 3  x  45 menit 
A.    Kompetensi Inti           
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
KI
Kompetensi Dasar
Indikator
1.  
1.1    Menghargai  tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah tuhan yang tidak ternilai

1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang pencipta
1.1.1   Mengunakan tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai dengan melakukan aktivitas pembelajaran sepakbola.
1.2.1   Memelihara dan membina tubuh sebagai wujud syukur kepada pencipta dengan melakukan aktivitas pembelajaran sepakbola.
2.  
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.

2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.



2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.

2.1.1   Saat bermain menunjukkan sikap sportif dalam  permainan sepakbola
2.2.1    Menunjukkan perilaku bertanggung jawab keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar dalam pembelajaran sepakbola
2.2.2    Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana serta tugas yang diberikan dalam pembelajaran sepakbola
2.4.1   Menunjukan prilaku kerjasama selama melakukan aktifitas permainan sepakbola
2.7.1   Menunjukkan perilaku sadar diri saat menerima kekalahan dalam sepakbola
2.7.2   Menunjukkan perilaku tidak berlebihan saat menang.
3.  
3.1 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
3.1.1   Menganalisis variasi keterampilan gerak dalam pembelajaran sepakbola
3.1.2   Menganalisis kombinasi keterampilan gerak dalam pembelajaran sepakbola
4.  
4.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik
4.1.1   Mempraktikkan variasi keterampilan gerak dalam permainan sepakbola
4.1.2   Mempraktikkan kombinasi keterampilan gerak dalam permainan sepakbola


C.  Tujuan Pembelajaran.
Melalui proses mengamati, menanyakan, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan (Pendekatan Saintifik) peserta didik dapat:
KI.1 Menggunakan dan memelihara tubuh sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME (1.1.1 dan 1.1.2).
KI.2 Menunjukan sikap sportif dalam pembelajaran (2.1.1).
KI.2 Menunjukan sikap tanggung jawab pada diri sendiri, orang lain dan lingkungan serta sarana prasarana pembelajaran (2.2.1 dan 2.2.2).
KI.2 Menunjukan sikap bekerjasama antar sesama peserta didik dan guru (2.4.1).
KI.2 Menunjukan sikap sadar diri dalam menerima kekalahan dan dapat bersikap tidak berlebihan pada saat mendapat kemenangan (2.7.1 dan 2.7.2).
KI.3 Mampu menganalisis variasi dan kombinasi  keterampilan gerak dalam permainan sepakbola (3.1.1 dan 3.3.2).
KI.4 Mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak dalam permainan sepakbola (4.3.1 dan 4.3.2).

D. Materi Pembelajaran
1.      Sejarah perkembangan sepakbola dunia dan di Indonesia
            Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari.  Sejarah sepak bola di Indonesia diawali dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada 19 April 1930 dengan pimpinan Soeratin Sosrosoegondo. Dalam kongres PSSI di Solo, organisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.
2.      Variasi dan kombinasi keterampilan gerak dalam permainan sepakbola yang didemonstrasikan dalam pembelajaran.
3.      Permainan sepakbola yang dipraktikkan/didemonstrasikan saat pembelajaran.
4.      Tugas Gerak :
a.       Menendang/mengumpan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam pelaksanaannya dengan pasangan/beregu ditempat dan bergerak.
                                       Gambar 01. Mengumpan bola dengan kaki bagian dalam

b.      Menendang/mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam melewati tengah atas gawang berpasangan/beregu berlawanan arah.





Gambar 02. Mengumpan dengan kaki bagian dalam melewati gawang

c.       Pembelajaran variasi dan kombinasi keterampilan menghentikan bola :
1)      Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, punggung dan telapak kaki dengan arah bola datar dan melambung dengan lemparan bola.




Gambar 03. Menghentikan dan menendang bola yang dilambungkan oleh teman

2)      Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, punggung dan telapak kaki dengan arah bola datar dan melambung, dengan bola ditendang atau dioper oleh teman





                  Gambar 04. Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam sambil bergerak
d.      Pembelajaran variasi dan kombinasi keterampilan dasar menggiring bola
1)      Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki :
a)      Variasi dan kombinasi 1 yaitu searah berpasangan/beregu






Gambar 05. Menggiring bola beregu/berpasangan searah

b)      Variasi dan kombinasi 2  yaitu berpasangan/beregu namun arah tak beraturan






Gambar 06. Menggiring bola dengan beregu/berpasangan arah tak tentu
e.       Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi

E.  Pendekatan/ Model Pembelajaran
1.      Pendekatan Saintifik
2.      Model Pembelajaran Koperatif Tipe Number Head Together (NHT)

F.  Kegiatan Pembelajaran
      Fase/Sintak
Langkah-langkah pembelajaran
Waktu
Persiapan
Persiapan Guru sebelum melakukan pembelajaran PJOK, yaitu:
1.      Menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, lembar presensi, lembar pengamatan, dan instrumen penilaian)
2.      Menyiapkan peralatan (bola, stopwatch, peluit,bendera,  dan gawang kecil)

Pembelajaran Pendahuluan










Menyampaikan tujuan dan Memotivasi peserta didik



















Penomoran (Kooperatif NHT)

Mengamati (Saintifik)
3.      Orientasi, yaitu:
a.    Membariskan peserta didik dengan membentuk barisan tiga bersap, dibantu oleh salah satu peserta didik serta menghitung jumlah peserta didik yang hadir dalam proses pembelajaran.
b.    Melakukan presensi, dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum serta kesiapan dalam mengikuti pembelajaran hari ini.
c.    Berdoa sebelum melakukan pembelajaran, dipimpin oleh salah satu peserta didik.
d.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, latar belakang, dan memotivasi peserta didik tentang arti penting serta manfaat pelajaran permainan sepakbola mampu mengamalkan ajaran agama, memiliki sikap yang baik serta memiliki pengetahuan dan keterampilan.
4.        Melakukan pemanasan dalam gerakan statis, gerakan dinamis, dan dilanjutkan dengan permainan inovatif yang berhubungan dengan materi yang akan diberikan yaitu permainan “Lingkaran kerjasama”. Dimana aturan permainannya yaitu peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok sama rata. Dalam kelompok tersebut, peserta didik membuat lingkaran, saling berpegangan tangan satu dengan yang lainnya dan melakukan passing kontrol dalam lingkaran tersebut dengan 2 kali sentuhan. Bila bola keluar dari lingkaran, peserta didik yang menyentuh bola terhakir dikenakan hukuman jongkok bangun tiga kali.
5.        Guru menghubungkan materi pembelajaran dengan pengetahuan awal peserta didik.
6.      Guru memberikan penomoran kepada masing-masing peserta didik sesuai dengan kelompok yang telah guru tentukan sebelumnya.
7.      Peserta didik mengamati materi permainan bola besar (sepakbola) melalui buku pelajaran, dan lembar kerja peserta didik.
15 Menit
Pembelajaran Inti
Menyajikan Informasi dan Mendemonstrasikan Ketrampilan (Kooperatif  NHT)

Pembentukan kelompok (Kooperatif NHT)


Menanya (Saintifik)


Mengajukan pertanyaan (Kooperatif NHT)



Mengumpulkan informasi (Saintifik)
8.        Guru meminta salah satu pesera didik yang dikategorikan mampu untuk memperagakan gerak permainan sepakbola atau contoh dari guru dan peserta didik yang lain mengamatinya

9.      Guru mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok yang heterogen baik jenis kelamin, ras, etnik maupun kemampuan. Serta guru mengarahkan peserta didik untuk berpasangan dalam satu kelompok.
10.  Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang diajarkan dari proses mengamati yang telah dilakukan.
11.  Guru memberikan pertanyaan mengenai permainan sepakbola, yaitu:
a.       Sebutkan variasi dan kombinasi dalam permainan sepakbola yang anak-anak ketahui!
b.      Coba jelaskan variasi dan kombinasi gerakan dalam sepakbola yang anak-anak ketahui!
12.  Siswa mencari informasi yang berkaitan dengan tugas gerak yang akan diberikan melaui buku siswa/modul/LKS.
35
Menit
Membimbing kelompok bekerja dan belajar

























Mengasosiasi (Saintifik)























































Mengkomunikasikan (Saintifik)

13. Guru membimbing kelompok pesera didik untuk belajar dan bekerja secara berkelompok
14. Guru mengarahkan peserta didik untuk menganalisa dan mempraktikan variasi dan kombinasi gerak dan saling mengoreksi gerakan sesama anggota kelompok hingga seluruh anggota kelompok mampu melakukan:
a.       Tugas gerak 1 yaitu menendang/mengumpan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam pelaksanaannya:
1)      Pilih pasangan yang seimbang, kemudian berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 5 m.
2)      Lakukan keterampilan gerak menendang
3)      Dilakukan di tempat dengan bergerak maju mundur, lalu bergerak ke kanan dan kiri.
4)      Selama melakukan kegiatan pembelajaran, kembangkan nilai-nilai kerjasama dan disiplin.
b.      Tugas gerak 2 yaitu menendang/mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam melewati tengah gawang atau atas gawang Pelaksanaannya:
1)      Berdiri saling berhadapan diantara gawang dengan jarak ± 7 m.
2)      Dilakukan secara berpasangan atau kelompok.
3)      Dilakukan di tempat dan dilanjutkan bergerak ke kanan dan ke kiri.
4)      Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
Dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian,sportivitas
c.       Guru mengumpulkan peserta didik dan memberikan kesempatan berpikir untuk menganalisa dan menjelaskan gerakan-gerakan yang telah dilakukan dan memberikan umpan balik (feedback) terhadap tugas gerak yang peserta didik lakukan dan memberikan kebenaran gerak serta penguatan.
d.      Tugas gerak 3 yaitu variasi dan kombinasi menghentikan bola
1)      Menghentikan bola dengan dilambungkan oleh teman :
a)      Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 5 m.
b)      Bola dipantul, digulir, dan dilambung dari depan.
c)      Latihan ini dilakukan secara berpasangan/berkelompok.
d)     Latihan ini dilakukan di tempat, dilanjutkan maju mundur dan menyamping.
e)      Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
f)       Dilakukan Untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian, sportivitas.
2)      Menghentikan bola dengan ditendang dan dioper oleh lawan :
a)      Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 5 m.
b)      Bola ditendang/dioper secara bergantian.
c)      Dilakukan secara berpasangan/berkelompok.
d)     Latihan ini dilakukan di tempat, dilanjutkan dengan bergerak maju, mundur, dan menyamping.
e)      Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
f)       Dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian, sportivitas.
e.       Tugas gerak 4 yaitu variasi dan kombinasi menggiring bola :
1)      Variasi dan kombinasi 1
a) Berdiri membentuk satu barisan ke belakang dengan jarak antara satu dengan yang lain ±2m
b) Dilakukan dengan mengikuti gerak teman yang berada di depannya.
c)      Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
d)     Dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian, sportivitas.
2)      Variasi dan kombinasi 2
a)      Berdiri membentuk satu banjar dengan jarak antara satu dengan yang lain ±2 m.
b)      Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki dilakukan dengan mengikuti gerak teman yang berada di depannya.
c)      Latihan ini dilakukan secara berpasangan.
d)     Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
e)      Dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian dan sportivitas.
f.       Setelah peserta didik mampu mempraktikkan semua tugas gerak, guru menugaskan peserta didik untuk bermain dengan peraturan yang sudah dimodifikasi.
g.      Guru mengumpulkan peserta didik dan memberikan kesempatan berpikir untuk menganalisa dan menjelaskan gerakan-gerakan yang telah dilakukan dan memberikan umpan balik  terhadap tugas gerak yang peserta didik lakukan dan memberikan kebenaran gerak serta penguatan
15. Tiap-tiap kelompok  ditugaskan untuk saling berdiskusi, tujuannya untuk menggali pengetahuan peserta didik, melatih peserta didik untuk berpikir kritis, dan memancing respons peserta didik terhadap materi yang dibahas, dan kerjasama dalam kelompok. Kemudian peserta didik menyatukan pendapat dalam kelompoknya dan meyakinkan setiap anggota kelompok memahami pendapat tersebut.
45 Menit



Pemberian jawaban (NHT)


Evaluasi (Kooperatif NHT)
16.  Guru memanggil satu nomor dalam kelompok dan para peserta didik dari tiap kelompok yang lain dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban untuk seluruh kelas atas pertanyaan yang diberikan oleh guru.

17.  Guru melakukan monitoring, dan evaluasi secara individu maupun kelompok tentang tugas gerak yang telah diinstruksikan.
25 Menit
Pembelajaran Penutup










Pemberian Penghargaan (Kooperatif NHT)
18.  Pendinginan: guru memberikan streaching dan warming down.
a.    Evaluasi umum terhadap proses dan hasil belajar peserta didik (pengetahuan sikap dan pengetahuan keterampilan) Guru memberikan masukan dan saran-saran tentang apa yang telah dilakukan selama pembelajaran berlangsung yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah dipelajari peserta didik selama kegiatan berlangsung.
19.    Memberikan penghargaan (apresiasi) berupa sanjungan, acungan jempol dan tepuk tangan terhadap hasil kerja peserta didik baik kelompok atau individu.
a.    Guru memberikan penghargaan kepada kelompok atau individu yang paling baik dalam melakukan tugas gerak dengan acungan jempol dan tepukan tangan.
b.    Guru juga memberikan penghargaan kepada seluruh peserta didik yang sudah melakukan tugas gerak dengan baik sehingga seluruh peserta didik merasa berhasil dalam melakukan tugas gerak yang diberikan.
20.  Tindak lanjut: pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya
a.    Guru mengkaitkan materi pembelajaran dengan pembisaaan dan manfaat yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
b.    Guru memberikan gambaran tentang materi pembelajaran yang akan diberikan pada pertemuan berikutnya.
21.  Doa Penutup, guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing dan setelah itu peserta didik dibubarkan.
15 Menit
Jumlah
135 Menit

G. Sarana, Prasarana dan Sumber Belajar
1.    Sarana:
-          Peluit, stopwatch,bola, gawang kecil, bendera, dan tali untuk garis
2.    Prasarana:
-          Lapangan yang luas atau datar (sesuai fasilitas sekolah)
3.    Sumber Belajar:
-          Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA,SMK/MA Kelas X. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan..


H. Penilaian
Lampiran Penilaian
  1. Penilaian  Sikap (Sikap Spiritual dan Sosial)
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.  Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.  Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan guru selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

C.  Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas                           : X
Semester                     : Ganjil
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Periode Pengamatan   :
Butir Nilai                   : Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.
Indikator Sikap           : 1.Memelihara kesehatan tubuh
                                           2. Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif 
No.
Nama Siswa
Skor indikator sikap Spiritual (1-4)
Jumlah perolehan skor
Nilai akhir
Tuntas/ tidak tuntas
Indikator 1
Indikator 2
1
2
3
4
1
2
3
4
1












dst














INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.  Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.  Petunjuk Pengisian
Berdasarkan pengamatan Guru selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 =apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati

C.  Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI
Kelas                                  :    X
Semester                            :    Ganjil
Tahun Pelajaran                 :    2014/2015
Periode Pengamatan          :
Butir Nilai                          :    Berlaku Sportif, Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
Indikator Sikap                  :   
        1.     Berperilaku sportif
        2.     Merapikan kembali peralatan yang telah digunakan pada tempatnya.
        3.     Tidak melakukan gerakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
        4.     Dalam melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara berkelompok, beregu dan berpasangan memperhatikan kondisi teman, baik fisik maupun psikis.
        5.     Menunjukan sikap lapang dada pada saat mengalami kekalahan.
        6.     Tidak melakukan sikap berlebihan jika mengalami kemenangan.

No
Nama Peserta didik

Skor indikator sikap tanggung jawab (1-4)
Jumlah perolehan skor
Nilai akhir
Tuntas/tdk Tuntas
In 1
In 2
In 3
In 4
In 5
In 6

1.










2.










dst











Keterangan :
In = Indikator

  1. Penilaian  Pengetahuan
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
(DAFTAR PERTANYAAN)
A.  Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian pengetahuan berupa daftar pertanyaan.
2.      Instrumen ini diisi oleh peserta didik.
B.  Petunjuk Pengisian
Kerjakan soal berikut dengan benar!
C.  Soal
Setelah mempelajari materi permainan sepakbola, tugaskan kepada peserta didik untuk mengerjakan tugas kelompok di bawah ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Tugas kelompok ini dapat dikerjakan di rumah dan dikumpulkan dalam bentuk portofolio!
1. Deskripsikanlah 2 variasi dan kombinasi keterampilan menendang!
2. Deskripsikanlah 2 variasi dan kombinasi keterampilan menghentikan bola!
3. Deskripsikanlah 2 variasi dan kombinasi keterampilan menggiring bola!
Penilaian Pengetahuan
1.      Setiap butir soal yang benar mendapat nilai 10
2.      Skor total apabila semua jawaban benar adalah 30
3.      Nilai Peserta didik menggunakan rumus:
No
Nama
Soal 1
Soal  2
Soal 3
Skor
Nilai
1






2






Dst







  1. Penilaian Praktik
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
(LEMBAR OBSERVASI PRAKTIK)
A.  Petunjuk Umum
1.      Instrumen penilaian keterampilan ini berupa Lembar Observasi.
2.      Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar, peserta didik yang dinilai.

B.  Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI PRAKTIK
Kelas                                  :    X
Semester                            :    Ganjil
Tahun Pelajaran                 :    2017/2018
Periode Pengamatan          :   
Aspek yang diamati           :    Mempraktikan keterampilan variasi dan kombinasi gerak permainan sepakbola.
Indikator keterampilan:
1.      Melakukan keterampilan gerak permainan sepakbola.
Berikan  tanda cek (√) pada kolom perolehan skor yang sudah disediakan. Sangat Baik = 4, Baik = 3, Cukup baik = 2, Kurang = 1.  Tanda cek (√) tersebut menunjukan kompetensi yang diharapkan.
No
Nama
Mengumpan
Menghentikan bola
menggiring
shooting
bermain
Skor
Nilai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


1.























2.























Dst.
























Keterangan:
Skor 4 :bila posisi berdiri benar, perkenaan bola dengan kaki tepat, kaki tumpu tepat, dan
jalannya bola baik
Skor 3 : bila menguasai 3 komponen gerak
Skor 2 : bila menguasai 2 komponen gerak
Skor 1 : bila menguasai 1 komponen gerak

Tabel.  Konversi Nilai Mata Pelajaran PJOK berdasarkan Permendikbud No. 104 Tahun 2014
Sikap
Pengetahuan
Ketarampilan
KET
Modus
Predikat
Skor rerata
Huruf
Capain Optimum
Huruf
4,00
SB
(Sangat Baik)
3,85 – 4,00
A
3,85 – 4,00
A


TUNTAS
3,51 – 3,84
A-
3,51 – 3,84
A-
3,00
B
(Baik)
3,18 – 3,50
B+
3,18 – 3,50
B+
2,85 – 3,17
B
2,85 – 3,17
B
2,51 – 2,84
B-
2,51 – 2,84
B-
2,00
C
(Cukup)
2,18 – 2,50
C+
2,18 – 2,50
C+

TIDAK TUNTAS
1,85 – 2,17
C
1,85 – 2,17
C
1,51 – 1,84
C-
1,51 – 1,84
C-
1,00
K
(Kurang)
1,18 – 1,50
D+
1,18 – 1,50
D+
1,00 – 1,17
D
1,00 – 1,17
D

                                                                                    Singaraja, 30 Maret 2018
Guru Pamong                                                              Guru



..........................................                                          I Wayan Yudi Astawa, S.Pd
                                                                       


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Passing Sepak Bola (Kaki Bagian Dalam)

Mengabdi dipelosok Negeri