RPP K13 Sepakbola kelas X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas/
Semester : X/ Semester Ganjil
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani
, Olahraga dan Kesehatan
Materi Pokok : Sepakbola
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
KI
1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.1 Menghargai tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah tuhan yang
tidak ternilai
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan
dibina, sebagai wujud syukur kepada sang pencipta
|
1.1.1 Mengunakan tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai dengan melakukan aktivitas pembelajaran sepakbola.
1.2.1
Memelihara dan
membina tubuh sebagai wujud syukur kepada pencipta dengan melakukan aktivitas
pembelajaran sepakbola.
|
2.
|
2.1 Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar
menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
|
2.1.1
Saat bermain menunjukkan sikap sportif dalam permainan sepakbola
2.2.1
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar dalam pembelajaran sepakbola
2.2.2
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap
pemeliharaan sarana dan prasarana serta tugas yang diberikan dalam
pembelajaran sepakbola
2.4.1
Menunjukan prilaku
kerjasama selama melakukan aktifitas permainan sepakbola
2.7.1 Menunjukkan
perilaku sadar diri saat menerima kekalahan dalam sepakbola
2.7.2 Menunjukkan
perilaku tidak berlebihan saat menang.
|
3.
|
3.1 Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar
untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
|
3.1.1 Menganalisis
variasi keterampilan gerak dalam pembelajaran sepakbola
3.1.2 Menganalisis
kombinasi keterampilan gerak dalam pembelajaran sepakbola
|
4.
|
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam
memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik
|
4.1.1
Mempraktikkan variasi keterampilan gerak dalam permainan sepakbola
4.1.2
Mempraktikkan kombinasi keterampilan gerak dalam permainan sepakbola
|
C. Tujuan
Pembelajaran.
Melalui proses mengamati, menanyakan, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan (Pendekatan Saintifik) peserta
didik dapat:
KI.1 Menggunakan dan memelihara tubuh sebagai wujud syukur
kepada Tuhan YME (1.1.1 dan 1.1.2).
KI.2
Menunjukan sikap sportif dalam pembelajaran (2.1.1).
KI.2 Menunjukan sikap tanggung jawab pada diri sendiri, orang lain dan lingkungan serta sarana prasarana pembelajaran
(2.2.1 dan 2.2.2).
KI.2 Menunjukan
sikap bekerjasama antar sesama peserta didik dan guru (2.4.1).
KI.2 Menunjukan sikap sadar diri dalam menerima kekalahan dan dapat bersikap tidak berlebihan
pada saat mendapat kemenangan (2.7.1 dan 2.7.2).
KI.3 Mampu
menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan
gerak dalam permainan sepakbola (3.1.1 dan 3.3.2).
KI.4 Mampu mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan gerak dalam permainan sepakbola
(4.3.1 dan 4.3.2).
D. Materi
Pembelajaran
1. Sejarah perkembangan sepakbola dunia dan di Indonesia
Sejarah
olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han
tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil.
Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan
sebutan Kemari. Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris
dan menjadi sangat digemari. Sejarah
sepak bola di Indonesia
diawali dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di
Yogyakarta pada 19 April 1930 dengan pimpinan Soeratin Sosrosoegondo. Dalam kongres PSSI
di Solo,
organisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh
Indonesia.
2. Variasi dan
kombinasi keterampilan gerak dalam permainan sepakbola yang didemonstrasikan dalam
pembelajaran.
3. Permainan
sepakbola yang
dipraktikkan/didemonstrasikan saat pembelajaran.
4. Tugas Gerak :
a.
Menendang/mengumpan
bola dengan menggunakan kaki bagian dalam pelaksanaannya dengan pasangan/beregu ditempat dan
bergerak.
Gambar
01. Mengumpan bola dengan kaki bagian dalam
b.
Menendang/mengumpan
bola menggunakan kaki bagian dalam melewati tengah atas gawang
berpasangan/beregu berlawanan arah.
Gambar
02. Mengumpan dengan kaki bagian dalam melewati gawang
c.
Pembelajaran variasi dan kombinasi keterampilan
menghentikan bola :
1)
Menghentikan bola dengan
menggunakan kaki bagian dalam, luar, punggung dan telapak kaki dengan arah bola
datar dan melambung dengan lemparan bola.
Gambar 03. Menghentikan dan menendang bola yang
dilambungkan oleh teman
2) Menghentikan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam,
luar, punggung dan telapak kaki dengan arah bola datar dan melambung, dengan
bola ditendang atau dioper oleh teman
Gambar 04.
Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam sambil bergerak
d.
Pembelajaran variasi dan kombinasi keterampilan
dasar menggiring bola
1)
Menggiring bola
dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki :
a)
Variasi dan
kombinasi 1 yaitu searah berpasangan/beregu
Gambar 05. Menggiring bola
beregu/berpasangan searah
b)
Variasi dan kombinasi 2
yaitu berpasangan/beregu namun arah tak beraturan
Gambar 06. Menggiring bola
dengan beregu/berpasangan arah tak tentu
e.
Bermain sepakbola
dengan peraturan yang dimodifikasi
E. Pendekatan/ Model Pembelajaran
1. Pendekatan Saintifik
2. Model Pembelajaran Koperatif Tipe Number Head Together (NHT)
F.
Kegiatan Pembelajaran
Fase/Sintak
|
Langkah-langkah pembelajaran
|
Waktu
|
Persiapan
|
Persiapan
Guru sebelum melakukan pembelajaran PJOK, yaitu:
1. Menyiapkan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, lembar presensi,
lembar pengamatan, dan instrumen penilaian)
2. Menyiapkan peralatan (bola, stopwatch,
peluit,bendera, dan gawang kecil)
|
|
Pembelajaran Pendahuluan
|
||
Menyampaikan tujuan dan Memotivasi peserta didik
Penomoran (Kooperatif NHT)
Mengamati (Saintifik)
|
3.
Orientasi, yaitu:
a. Membariskan peserta didik dengan membentuk barisan tiga bersap, dibantu oleh salah satu peserta didik serta
menghitung jumlah peserta didik yang hadir dalam proses pembelajaran.
b. Melakukan presensi, dan menanyakan kesehatan
peserta didik secara umum serta kesiapan dalam mengikuti pembelajaran hari
ini.
c. Berdoa sebelum melakukan pembelajaran, dipimpin oleh
salah satu peserta didik.
d. Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran, latar belakang, dan
memotivasi peserta didik tentang arti penting serta manfaat pelajaran permainan sepakbola mampu mengamalkan ajaran agama, memiliki sikap yang
baik serta memiliki pengetahuan dan keterampilan.
4.
Melakukan pemanasan dalam gerakan statis, gerakan
dinamis, dan dilanjutkan dengan permainan inovatif yang berhubungan dengan
materi yang akan diberikan yaitu permainan “Lingkaran kerjasama”. Dimana
aturan permainannya yaitu peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok sama rata.
Dalam kelompok tersebut, peserta didik membuat lingkaran, saling berpegangan
tangan satu dengan yang lainnya dan melakukan passing kontrol dalam lingkaran
tersebut dengan 2 kali sentuhan. Bila bola keluar dari lingkaran, peserta
didik yang menyentuh bola terhakir dikenakan hukuman jongkok bangun tiga kali.
5.
Guru menghubungkan materi pembelajaran dengan
pengetahuan awal peserta didik.
6. Guru memberikan penomoran kepada masing-masing peserta didik sesuai
dengan kelompok yang telah guru tentukan sebelumnya.
7. Peserta didik mengamati materi permainan bola besar
(sepakbola) melalui buku pelajaran, dan lembar kerja peserta didik.
|
15 Menit
|
Pembelajaran Inti
|
||
Menyajikan Informasi dan Mendemonstrasikan Ketrampilan
(Kooperatif NHT)
Pembentukan kelompok (Kooperatif NHT)
Menanya (Saintifik)
Mengajukan pertanyaan (Kooperatif NHT)
Mengumpulkan informasi (Saintifik)
|
8.
Guru meminta salah satu pesera didik yang dikategorikan mampu untuk
memperagakan gerak permainan sepakbola atau contoh dari guru dan peserta
didik yang lain mengamatinya
9.
Guru mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok yang heterogen baik
jenis kelamin, ras, etnik maupun kemampuan. Serta guru mengarahkan peserta
didik untuk berpasangan dalam satu kelompok.
10. Peserta didik mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan materi yang diajarkan dari proses mengamati yang
telah dilakukan.
11. Guru memberikan pertanyaan mengenai permainan sepakbola, yaitu:
a. Sebutkan variasi dan kombinasi dalam permainan sepakbola yang anak-anak ketahui!
b.
Coba jelaskan variasi dan kombinasi gerakan dalam sepakbola yang
anak-anak ketahui!
12. Siswa mencari informasi yang
berkaitan dengan tugas gerak yang akan diberikan melaui buku siswa/modul/LKS.
|
35
Menit
|
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Mengasosiasi (Saintifik)
Mengkomunikasikan (Saintifik)
|
13. Guru membimbing kelompok pesera didik untuk belajar dan bekerja secara
berkelompok
14. Guru mengarahkan peserta didik untuk
menganalisa dan mempraktikan variasi dan kombinasi gerak dan saling
mengoreksi gerakan sesama anggota kelompok hingga seluruh anggota kelompok
mampu melakukan:
a. Tugas
gerak 1 yaitu menendang/mengumpan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam pelaksanaannya:
1)
Pilih pasangan yang seimbang, kemudian berdiri saling berhadapan
dengan jarak ± 5 m.
2)
Lakukan keterampilan gerak menendang
3)
Dilakukan di tempat dengan bergerak maju
mundur, lalu bergerak ke kanan dan kiri.
4)
Selama melakukan kegiatan pembelajaran, kembangkan nilai-nilai
kerjasama dan disiplin.
b.
Tugas gerak 2 yaitu menendang/mengumpan bola
menggunakan kaki bagian dalam melewati tengah gawang atau atas gawang Pelaksanaannya:
1)
Berdiri saling berhadapan diantara gawang dengan jarak ± 7 m.
2)
Dilakukan secara berpasangan atau kelompok.
3)
Dilakukan di tempat dan dilanjutkan bergerak ke kanan dan ke kiri.
4)
Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
Dilakukan untuk menanamkan
nilai-nilai kerjasama, keberanian,sportivitas
c.
Guru mengumpulkan peserta didik dan memberikan kesempatan berpikir
untuk menganalisa dan menjelaskan gerakan-gerakan yang telah dilakukan dan
memberikan umpan balik (feedback)
terhadap tugas gerak yang peserta didik lakukan dan memberikan kebenaran
gerak serta penguatan.
d.
Tugas gerak 3 yaitu variasi dan kombinasi menghentikan bola
1) Menghentikan bola dengan
dilambungkan oleh teman :
a)
Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 5 m.
b)
Bola dipantul, digulir, dan dilambung dari depan.
c)
Latihan ini dilakukan secara berpasangan/berkelompok.
d)
Latihan ini dilakukan di tempat, dilanjutkan maju mundur dan
menyamping.
e)
Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
f)
Dilakukan Untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian,
sportivitas.
2) Menghentikan bola dengan
ditendang dan dioper oleh lawan :
a)
Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 5 m.
b)
Bola ditendang/dioper secara bergantian.
c)
Dilakukan secara berpasangan/berkelompok.
d)
Latihan ini dilakukan di tempat, dilanjutkan dengan bergerak maju,
mundur, dan menyamping.
e)
Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
f)
Dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian,
sportivitas.
e.
Tugas gerak 4 yaitu variasi dan kombinasi menggiring bola :
1)
Variasi dan kombinasi 1
a)
Berdiri membentuk satu barisan ke belakang dengan jarak antara satu
dengan yang lain ±2m
b)
Dilakukan dengan mengikuti gerak teman yang berada di depannya.
c)
Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
d)
Dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian,
sportivitas.
2)
Variasi dan kombinasi 2
a)
Berdiri membentuk satu banjar dengan jarak antara satu dengan yang
lain ±2 m.
b)
Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian
luar, dan punggung kaki dilakukan dengan mengikuti gerak teman yang berada di
depannya.
c)
Latihan ini dilakukan secara berpasangan.
d)
Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
e)
Dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian dan sportivitas.
f.
Setelah peserta didik mampu mempraktikkan semua tugas gerak, guru
menugaskan peserta didik untuk bermain dengan peraturan yang sudah
dimodifikasi.
g.
Guru mengumpulkan peserta didik dan memberikan kesempatan berpikir
untuk menganalisa dan menjelaskan gerakan-gerakan yang telah dilakukan dan
memberikan umpan balik terhadap tugas
gerak yang peserta didik lakukan dan memberikan kebenaran gerak serta
penguatan
15. Tiap-tiap kelompok ditugaskan untuk saling berdiskusi, tujuannya
untuk menggali pengetahuan peserta didik, melatih peserta didik untuk
berpikir kritis, dan memancing respons peserta didik terhadap materi yang
dibahas, dan kerjasama dalam kelompok. Kemudian peserta didik menyatukan
pendapat dalam kelompoknya dan meyakinkan setiap anggota kelompok memahami
pendapat tersebut.
|
45 Menit
|
Pemberian jawaban (NHT)
Evaluasi
(Kooperatif NHT)
|
16.
Guru memanggil satu
nomor dalam kelompok dan para peserta didik dari tiap kelompok yang lain
dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban untuk seluruh
kelas atas pertanyaan yang diberikan oleh guru.
17.
Guru melakukan monitoring, dan evaluasi secara individu maupun
kelompok tentang tugas gerak yang telah diinstruksikan.
|
25 Menit
|
Pembelajaran Penutup
|
||
Pemberian Penghargaan (Kooperatif NHT)
|
18.
Pendinginan: guru
memberikan streaching dan warming down.
a. Evaluasi umum
terhadap proses dan hasil belajar peserta didik (pengetahuan sikap dan
pengetahuan keterampilan) Guru memberikan
masukan dan saran-saran tentang apa yang telah dilakukan selama pembelajaran berlangsung yang meliputi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah dipelajari peserta didik selama kegiatan
berlangsung.
19. Memberikan penghargaan (apresiasi) berupa sanjungan, acungan jempol dan tepuk
tangan terhadap hasil kerja peserta didik baik kelompok
atau individu.
a. Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok atau individu yang paling baik dalam melakukan
tugas gerak dengan acungan jempol dan tepukan
tangan.
b. Guru juga
memberikan penghargaan kepada seluruh peserta didik yang sudah melakukan
tugas gerak dengan baik sehingga seluruh peserta
didik merasa berhasil dalam melakukan tugas gerak yang diberikan.
20. Tindak lanjut: pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan
pembelajaran berikutnya
a.
Guru mengkaitkan
materi pembelajaran dengan pembisaaan dan manfaat yang bisa digunakan dalam
kehidupan sehari-hari.
b.
Guru memberikan
gambaran tentang materi pembelajaran yang akan diberikan pada pertemuan
berikutnya.
21. Doa Penutup, guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin
berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing dan setelah itu peserta
didik dibubarkan.
|
15 Menit
|
Jumlah
|
135 Menit
|
G. Sarana,
Prasarana dan Sumber Belajar
1.
Sarana:
-
Peluit,
stopwatch,bola, gawang kecil,
bendera, dan tali untuk garis
2.
Prasarana:
-
Lapangan
yang luas atau datar (sesuai fasilitas sekolah)
3.
Sumber
Belajar:
-
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA,SMK/MA Kelas X. Cetakan
Ke-1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan..
H. Penilaian
Lampiran
Penilaian
- Penilaian Sikap (Sikap Spiritual dan Sosial)
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A. Petunjuk
Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk
Pengisian
Berdasarkan pengamatan guru selama dua minggu terakhir,
nilailah sikap setiap peserta didik dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku
yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku
yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku
yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku
yang diamati
C. Lembar
Observasi
LEMBAR
OBSERVASI
Kelas : X
Semester : Ganjil
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Periode Pengamatan :
Butir Nilai : Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil
akhir.
Indikator Sikap :
1.Memelihara kesehatan tubuh
2.
Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif
No.
|
Nama Siswa
|
Skor indikator sikap Spiritual
(1-4)
|
Jumlah perolehan skor
|
Nilai akhir
|
Tuntas/ tidak tuntas
|
|||||||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
||||||||||||
dst
|
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A. Petunjuk
Umum
1.
Instrumen
penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B. Petunjuk
Pengisian
Berdasarkan pengamatan Guru selama dua minggu terakhir,
nilailah sikap setiap peserta didik dengan memberi skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar
Observasi dengan ketentuan sebagai berikut:
4 = apabila SELALU melakukan perilaku
yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku
yang diamati
2 =apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku
yang diamati
1= apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku
yang diamati
C. Lembar
Observasi
LEMBAR
OBSERVASI
Kelas : X
Semester : Ganjil
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Periode Pengamatan :
Butir Nilai : Berlaku Sportif, Bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana
pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar.
Indikator Sikap :
1. Berperilaku
sportif
2. Merapikan
kembali peralatan yang telah digunakan pada tempatnya.
3. Tidak
melakukan gerakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
4. Dalam
melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara berkelompok, beregu dan
berpasangan memperhatikan kondisi teman, baik fisik maupun psikis.
5. Menunjukan sikap lapang dada pada saat mengalami
kekalahan.
6. Tidak melakukan sikap berlebihan jika mengalami
kemenangan.
No
|
Nama Peserta didik
|
Skor indikator sikap tanggung jawab (1-4)
|
Jumlah
perolehan skor
|
Nilai
akhir
|
Tuntas/tdk
Tuntas
|
|||||
In 1
|
In 2
|
In 3
|
In 4
|
In 5
|
In 6
|
|||||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
dst
|
Keterangan :
In = Indikator
- Penilaian Pengetahuan
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
(DAFTAR PERTANYAAN)
A. Petunjuk
Umum
1.
Instrumen
penilaian pengetahuan berupa daftar pertanyaan.
2.
Instrumen
ini diisi oleh peserta didik.
B. Petunjuk
Pengisian
Kerjakan soal berikut dengan benar!
C. Soal
Setelah mempelajari materi
permainan sepakbola, tugaskan kepada peserta didik untuk mengerjakan tugas
kelompok di bawah ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Tugas kelompok ini
dapat dikerjakan di rumah dan dikumpulkan dalam bentuk portofolio!
1. Deskripsikanlah 2
variasi dan kombinasi keterampilan menendang!
2. Deskripsikanlah 2
variasi dan kombinasi keterampilan menghentikan bola!
3. Deskripsikanlah 2
variasi dan kombinasi keterampilan menggiring bola!
Penilaian Pengetahuan
1. Setiap butir soal yang benar
mendapat nilai 10
2. Skor total apabila semua jawaban benar
adalah 30
3.
Nilai Peserta didik menggunakan rumus:
No
|
Nama
|
Soal 1
|
Soal 2
|
Soal 3
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
||||||
2
|
||||||
Dst
|
- Penilaian Praktik
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
(LEMBAR
OBSERVASI
PRAKTIK)
A. Petunjuk
Umum
1.
Instrumen
penilaian keterampilan ini berupa Lembar Observasi.
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar, peserta didik yang dinilai.
B. Lembar
Observasi
LEMBAR
OBSERVASI PRAKTIK
Kelas : X
Semester : Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Periode Pengamatan :
Aspek yang diamati :
Mempraktikan keterampilan variasi dan kombinasi gerak permainan sepakbola.
Indikator keterampilan:
1.
Melakukan
keterampilan
gerak permainan sepakbola.
Berikan tanda cek (√) pada kolom perolehan skor yang
sudah disediakan. Sangat Baik = 4,
Baik = 3, Cukup baik = 2, Kurang = 1. Tanda cek (√) tersebut menunjukan kompetensi
yang diharapkan.
No
|
Nama
|
Mengumpan
|
Menghentikan bola
|
menggiring
|
shooting
|
bermain
|
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
|||||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||||
Dst.
|
Keterangan:
Skor 4 :bila posisi berdiri
benar, perkenaan bola dengan kaki tepat, kaki tumpu tepat, dan
jalannya bola
baik
Skor 3 : bila menguasai 3
komponen gerak
Skor 2 : bila menguasai 2
komponen gerak
Skor 1 : bila menguasai 1 komponen gerak
Tabel. Konversi Nilai Mata Pelajaran PJOK
berdasarkan Permendikbud No. 104 Tahun 2014
Sikap
|
Pengetahuan
|
Ketarampilan
|
KET
|
|||||
Modus
|
Predikat
|
Skor rerata
|
Huruf
|
Capain Optimum
|
Huruf
|
|||
4,00
|
SB
(Sangat Baik)
|
|
A
|
|
A
|
TUNTAS
|
||
|
A-
|
|
A-
|
|||||
3,00
|
B
(Baik)
|
|
B+
|
|
B+
|
|||
|
B
|
|
B
|
|||||
|
B-
|
|
B-
|
|||||
2,00
|
C
(Cukup)
|
|
C+
|
|
C+
|
TIDAK TUNTAS
|
||
|
C
|
|
C
|
|||||
|
C-
|
|
C-
|
|||||
1,00
|
K
(Kurang)
|
|
D+
|
|
D+
|
|||
|
D
|
|
D
|
Singaraja,
30 Maret
2018
Guru Pamong Guru
.......................................... I Wayan
Yudi Astawa, S.Pd
Komentar
Posting Komentar