RPP Passing Sepak Bola (Kaki Bagian Dalam)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Marga Tabanan
Kelas/Semester            : X/ I (Ganjil)
Waktu                         : 4 x 40 menit (2 x pertemuan )


I. Standar Kompetensi           : Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
II. Kompetensi Dasar             :   Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri.
III. Indikator                              
a.    Kognitif
1)   Mampu menjelaskan secara benar tentang konsep dan bentuk-bentuk latihan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam).
2)   Mampu menjelaskan pengertian teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam).
b.    Psikomotor
1) Melakukan gerakan passing sepak bola (kaki bagian dalam) dari sikap awalan, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir.
c.    Afektif
1)        Bersemangat dan disiplin dalam melakukan setiap gerakan.
2)        Menyelesaikan tugas gerak dengan tepat waktu dan sesuai aturan yang disepakati bersama.
3)        Bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan tugas gerak.

IV. Tujuan Pembelajaran :
1)   Siswa mampu menjelaskan secara benar tentang gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam).
2)   Siswa mampu mempraktikkan gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) dari sikap awalan, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan baik dan benar
3)    Siswa mampu menunjukkan perilaku bersemangat, disiplin dan kerjasama dalam melakukan setiap tugas gerak yang harus diselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai aturan yang telah disepakati bersama.
V.  Nilai- Nilai Karakter :
Sportifitas, Disiplin, Jujur, Kreatif, Mandiri, Komunikatif dan Bertanggung Jawab
VI. Sistematika Pembelajaran       :
Sistematika pembelajaran yang digunakan sesuai dengan sistematika pembelajaran penjasorkes inovatif, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI).

VII. Materi Pelajaran
1.      Teknik passing sepak bola  menggunakan kaki bagian dalam
Mengumpan bola (passing) merupakan teknik dasar yang paling sering digunakan dalam permainan sepak bola. Mengumpan merupakan keterampilan paling penting untuk menguasi sepak bola. Menendang bola mempunyai tujuan untuk memberikan atau mengoper bola kepada kawan (passing), menendang bola ke arah gawang (shooting at the goal) dan menyapu untuk mengagalkan serangan lawan (sweeping). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, mengumpan dibedakan menjadi beberapa macam yaitu : mengumpan dengan menggunakan kaki bagian dalam (inside), kaki bagian luar (outside), punggung kaki (instep).

Adapun cara passing (kaki bagian dalam) terdiri dari tiga fase menurut (Luxbacher, 2001:12 ) yaitu sebagai berikut :
a.        Sikap Awal/persiapan


Gambar 01. Sikap awal passing (kaki bagian dalam)
(Sumber: foto sendiri).
Keterangan :
1)      Kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan jauh lebih kurang 10 cm sampai 15 cm dari bola.
2)      Arah kaki tumpu sejajar dengan arah sasaran atau ujung jari menuju ke arah sasaran.
3)      Lutut kaki tumpu ditekuk sehingga berada tegak lurus di atas ujung jari.
4)      Kaki yang menendang diangkat ke belakang dengan posisi kaki melintang tegak lurus arah sasaran, atau kaki yang menendang  tegak lurus kaki tumpu.
5)      Badan agak condong ke depan, kedua tangan terbuka kesamping badan untuk menjaga keseimbangan badan.

b.        Sikap Pelaksanaan

Gambar 02. Sikap pelaksanaan passing (kaki bagian dalam)   
(Sumber: foto sendiri).
Keterangan :
1)      Kaki yang menendang diayunkan ke arah depan sehingga kaki bagian dalam tepat mengenai bagian tengah-tengah belakang bola.
2)      Pada waktu menendang bola, mata melihat pada bagian bola yang ditendang, setelah menendang pandangan tertuju pada arah jalannya bola.
3)      Pada waktu menendang bola, badan agak condong ke depan.
4)      Tangan berada disamping badan sebagai penyeimbang tubuh.
5)      Alur bola menggelinding ke depan menyusur tanah.



c.         Sikap Akhir/ Lanjutan
   
          Gambar 03. Sikap akhir/lanjutan passing (kaki bagian dalam)
          (Sumber: foto sendiri).
Keterangan :
1)      Setelah kaki yang menendang mengenai bola segera diletakkan di tanah.
2)      Bergerak kearah depan  2 sampai 3 langkah.
3)      Pandangan tetap tertuju pada arah bola dan sasaran.
4)      Posisi tangan tetap terbuka disamping badan untuk menjaga keseimbangan badan.
5)      Badan rileks kembali ke posisi semula.



VIII. Model Pembelajaran
Model yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Metode yang digunakan yaitu :
1.      Ceramah                      4.   Komando
2.      Demontrasi                  5.   Resiprokal/ Timbal balik
3.      penugasan
IX. Langkah-Langkah Pembelajaran
1) Pertemuan pertama siklus I
Tabel 01. Langkah-langkah Pembelajaran Pada Pertemuan I (Pertama)
No
Fase
Langkah-langkah pembelajaran
Waktu
1

Persiapan Peneliti Sebelum Pembelajaran
a.       Menyiapkan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, lembar presensi, dan penilaian).
b.      Menyiapkan perlengkapan dan peralatan (bola, stopwatch, pluit, meja, kursi).
10 menit

Fase1: Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Kegiatan Pendahuluan (P-A-L-T-P)
a.   Berdoa dan Presensi.
1)   Membariskan siswa dengan membentuk barisan lima bersap, dibantu oleh ketua kelas serta menghitung jumlah siswa yang hadir dalam proses pembelajaran.
2)   Melakukan pengabsenan
3)   Berdoa sebelum melakukan pembelajaran, dipimpin oleh ketua kelas.
b.   Apersepsi
Peneliti memberikan pertanyaan yang mengarah kepada materi yang akan diajarkan dan memotivasi siswa untuki mengikuti pembelajaran yang akan disampaikan. Peneliti memberikan pertanyaan mengenai passing sepak bola  (kaki bagian dalam), sebagai berikut:
1)   Apakah di antara kalian ada yang mengetahui pengertian passing sepak bola ?
2)   Berapa macam passing yang kalian ketahui ?
3)   Pernahkah kalian melakukan gerakan passing (kaki bagian dalam)?
c.   Menyampaikan ruang lingkup materi teknik passing (kaki bagian dalam)
d.  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memecahkan masalah pada observasi awal.
1)   Siswa mampu menjelaskan secara benar tentang gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam).
2)   Siswa mampu mempraktikkan gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) dari sikap awalan, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan baik dan benar.
3)   Siswa mampu menunjukkan perilaku bersemangat, disiplin dan kerjasama dalam melakukan setiap tugas gerak yang harus diselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai aturan yang telah disepakati bersama.
e.   Pemanasan
1)   Siswa diminta membuka barisan dan melakukan kegiatan pemanasan statis dan dinamis. Pemanasan dilakukan dengan tujuan menyiapkan fisik dan mental untuk mengikuti kegiatan pembelajaran inti.
2)   Setelah melakukan pemanasan, semua siswa kembali berbaris dengan membentuk barisan lima bersap.

2
Fase 2:
Menyajikan informasi






















Fase 3 :
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar.














Fase 4:
Membimbing kelompok bekerja dan belajar

















Fase 5:
Evaluasi
Kegiatan Inti (T-M-F-K)
a.    Tugas gerak yang pertama melakukan gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam).
1)   Peneliti menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi passing sepak bola (kaki bagian dalam), yaitu tentang sikap-sikap yang harus diperhatikan ketika melakukan gerakan passing sepak bola (kaki bagian dalam). Jawaban siswa akan sesuai dengan pengetahuan awal siswa tentang gerakan passing sepak bola (kaki bagian dalam).  Peneliti kemudian menjelaskan pada siswa tentang materi dan tujuan pembelajaran teknik dasar passing sepak bola (kaki bagian dalam) sambil sesekali bertanya kepada siswa. Dengan demikian, siswa dapat mengkonstruksi sendiri pemahaman dan pengetahuannya yang diperoleh melalui pengalaman belajar yang bermakna ataupun keterampilan barunya,  serta memotivasi siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
2)   Peneliti mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan tentang gerakan teknik dasar passing sepak bola (kaki bagian dalam) dan menganalisis teknik pelaksanaan gerakan passing sepak bola (kaki bagian dalam).
3)   Peneliti mendorong siswa untuk bekerjasama dengan siswa lain dalam menyelesaikan masalah untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik mengenai materi teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam). Peneliti membentuk kelompok kecil yang anggotanya terdiri dari 6 orang secara heterogen Dalam penelitian ini jumlah siswa terdiri dari 36 orang, dimana siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang anggotanya terdiri dari 6 orang. Dalam kelompok kecil ini siswa dapat saling berbagi informasi dan pengalaman belajar tentang gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam,) serta belajar bekerjasama dalam tim lebih besar (kelas). Jadi, siswa diharapkan untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar dalam materi teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam).
4)   Tiap-tiap kelompok kemudian ditugaskan untuk saling berdiskusi,tujuannya untuk menggali pengetahuan siswa, melatih siswa untuk berpikir kritis, dan memancing respons siswa terhadap materi yang dibahas, dan kerjasama dalam kelompok.
5)   Peneliti memanggil kelompok secara bergantian, kelompok yang tampil dipersilahkan untuk mempresentasikan materi yang di ajarkan tentang gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) sedangkan kelompok lain bertidak sebagai pendengar. Disamping menjelaskan,kelompok yang tampil juga mempraktekkan gerakan teknik passing sepak bola  (kaki bagian dalam) dari sikap awal, pelaksanaan, dan akhir gerakan dengan benar.Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran tampil.
b. Guru Memonitor dan evaluasi tugas gerak yang dilakukan oleh siswa.
1)   Membantu siswa merumuskan hipotesis dan peneliti sebagai fasilitator, pembimbing, dan pengendali proses pembelajaran.
2)   Peneliti membantu siswa dalam mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan materi teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) yang dimulai dari sikap awalan, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir.
3)   Membimbing siswa mengkaji ulang hasil kerja.
4)   Membantu siswa mengkaji ulang hasil pemecahan masalah. Sehingga, siswa mendapatkan apa yang baru dipelajari sebagai struktur pengetahuan yang baru, yang merupakan pengayaan atau revisi dari pengetahuan sebelumnya.
c. Memberikan umpan balik (kebenaran gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) dan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran).
d. Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan belajar (KB)
e. Konstruksi nilai-nilai olahraga (bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan tugas gerak).
60 Menit



















3
Fase 6
Memberikan penghargaan
Kegiatan Penutup (P-R-E-AL)
a.   Pendinginan
b.   Refleksi pengalaman belajar siswa
c.   Evaluasi umum terhadap proses dan hasil belajar siswa (pengetahuan, sikap, dan keterampilan)
d.  Apresiasi (Memberikan penghargaan atas hasil kerja siswa, baik kelompok dan atau individu)
e.   Tindak Lanjut (Pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
10 menit

Tabel 02. Pertemuan kedua pada siklus I
No
Fase
Langkah-langkah pembelajaran
Waktu
1

Persiapan Peneliti Sebelum Pembelajaran
a.       Menyiapkan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, lembar presensi, dan penilaian).
b.      Menyiapkan perlengkapan dan peralatan (bola, stopwatch, pluit, meja, kursi).
10 menit

Fase1: Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Kegiatan Pendahuluan (P-A-L-T-P)
a.   Berdoa dan Presensi.
1)   Membariskan siswa dengan membentuk barisan lima bersap, dibantu oleh ketua kelas serta menghitung jumlah siswa yang hadir dalam proses pembelajaran.
2)   Melakukan pengabsenan
3)   Berdoa sebelum melakukan pembelajaran, dipimpin oleh ketua kelas.
b.   Apersepsi
Peneliti memberikan pertanyaan yang mengarah kepada materi yang akan diajarkan dan memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran yang akan disampaikan. Peneliti memberikan pertanyaan mengenai passing sepak bola  (kaki bagian dalam), sebagai berikut:
1)     Masih ingatkah kalian pengertian passing bola   sepak?
2)     Sebutkan berapa macam passing sepak bola?
3)     Siapa yang bisa melakukan gerakan passing (kaki bagian dalam)?
c.   Menyampaikan ruang lingkup materi teknik passing (kaki bagian dalam).
d.  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memecahkan masalah pada observasi awal.
1)   Siswa mampu menjelaskan secara benar tentang gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) dengan baik dan benar.
2)   Siswa mampu mempraktikkan gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) dari sikap awalan, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir dengan baik dan benar.
3)   Siswa mampu menunjukkan perilaku bersemangat, disiplin dan kerjasama dalam melakukan setiap tugas gerak yang harus diselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai aturan yang telah disepakati bersama.
e.   Pemanasan
1)   Siswa membuka barisan dan melakukan kegiatan pemanasan statis dan dinamis. Pemanasan dilakukan dengan tujuan menyiapkan fisik dan mental untuk mengikuti kegiatan pembelajaran inti.
2)   Setelah melakukan pemanasan, semua siswa kembali berbaris dengan membentuk barisan lima bersap.
2
Fase 2:
Menyampaikan informasi






















Fase 3 :
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar.











Fase 4:
Membimbing kelompok bekerja dan belajar










Fase 5 :
Evaluasi
Kegiatan Inti (T-M-F-K)
b.    Tugas gerak yang pertama melakukan gerakan teknik dasar passing sepak bola  (kaki bagian dalam)
1)      Peneliti menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam), yaitu tentang sikap-sikap yang harus diperhatikan ketika melakukan gerakan passing sepak bola (kaki bagian dalam). Jawaban siswa akan sesuai dengan pengetahuan awal siswa tentang gerakan passing sepak bola (kaki bagian dalam). Peneliti kemudian menjelaskan pada siswa tentang materi dan tujuan pembelajaran teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) sambil sesekali bertanya kepada siswa. Dengan demikian, siswa dapat mengkonstruksi sendiri pemahaman dan pengetahuannya yang diperoleh melalui pengalaman belajar yang bermakna ataupun keterampilan barunya,  serta memotivasi siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.
2)    Peneliti mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan tentang gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) dan menganalisis teknik pelaksanaan gerakan teknik  passing sepak bola   (kaki bagian dalam).
3)    Peneliti menginstruksikan kepada siswa untuk kembali pada kelompoknya. Kelompok kecil yang anggotanya terdiri dari 4-6 orang secara heterogen. Dalam penelitian ini jumlah siswa terdiri dari 36 orang, dimana siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang anggotanya terdiri dari 6 orang. Dalam kelompok kecil ini siswa dapat saling berbagi informasi dan pengalaman belajar tentang gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam), serta belajar bekerjasama dalam tim lebih besar (kelas). Jadi, siswa diharapkan untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar dalam materi teknik passing sepak bola  (kaki bagian dalam).
6)   Tiap-tiap kelompok kemudian ditugaskan untuk saling berdiskusi,tujuannya untuk menggali pengetahuan siswa, melatih siswa untuk berpikir kritis, dan memancing respons siswa terhadap materi yang dibahas, dan kerjasama dalam kelompok.
7)   Peneliti memanggil kelompok tertentu, kemudian kelompok tersebut mempresentasikan teknik-teknik yang telah di ajarkan, kelompok lainnya memperhatikkan kelompok yang tampil begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran tampil sehingga mereka aktif dalam proses pembelajaran dan mengerti tentang gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) dari sikap awal, pelaksanaan, dan akhir gerakan dengan benar.
b. Peneliti Memonitor dan evaluasi tugas gerak yang dilakukan oleh siswa.
1)   Siswa berkumpul untuk melakukan tes unjuk kerja teknik  passing sepak bola (kaki bagian dalam).
2)   Memonitor dan evaluasi (test) tugas yang dilakukan oleh siswa dilakukan secara bergantian dan sesuai dengan nomor urutan absensinya, Dalam penelitian ini evaluasi dilakukan oleh 3 orang evaluator, 2 orang Guru penjasorkes dan 1 orang dosen. Siswa diberikan kesempatan dua kali untuk melakukan gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam). Yang dinilai dalam evaluasi gerakan teknik passing sepak bola (kaki bagian dalam) adalah sikap awalan, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir.
c. Memberikan umpan balik (kebenaran gerakan passing (kaki bagian dalam) dan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran).
d. Siklus dapat diulang apabila masih ada siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan belajar (KB)
e. Konstruksi nilai-nilai olahraga (bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan tugas gerak).
60 Menit



















3
Fase 6:
Memberikan penghargaan
Kegiatan Penutup (P-R-E-A-L)
a.   Pendinginan
b.   Refleksi pengalaman belajar siswa
c.   Evaluasi umum terhadap proses dan hasil belajar siswa (pengetahuan, sikap, dan keterampilan)
d.  Apresiasi (Memberikan penghargaan atas hasil kerja siswa, baik kelompok dan atau individu)
e.   Tindak Lanjut (Pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan pembelajaran berikutnya)
10 menit

X.Sumber   Belajar atau Media Pembelajaran
1.   Sepak bola.
2.  Peluit.
3.  Stop Watch.
4.  Alat Tulis.
5.  Kamera untuk dokumentasi
6.  Lembar Observasi/Evaluasi
7.  Format penilaian teknik dasar sepak bola
8.  Buku sumber : Roji. 2006. Pendidikan jasmani,Olahraga dan Kesehatan : Erlangga.

XI.  Penilaian
Tabel 03. Kriteria Lembar Observasi Aktivitas Belajar Passing Sepak bola
(Kaki Bagian Dalam)    
(Hamalik, 2004 :172)
No.
Indikator Aktivitas Belajar Siswa
Hasil Pengamatan
0
1
1.
Kegiatan-kegiatan visual, dengan indikator aktivitas belajar sebagai berikut.


a)         Mengamati gambar-gambar yang disajikan  dalam proses pembelajaran.


b)        Mengamati orang lain (guru, peneliti, teman) dalam berdemontrasi atau melakukan unjuk kerja.


2.
Kegiatan-kegiatan lisan, dengan indikator aktivitas hasil belajar sebagai berikut.


a)          Mengajukan pertanyaan yang jelas, sesuai dengan materi pembelajaran.


b)        Mengemukakan pendapat dan memberikan saran dalam berdiskusi.


3.
Kegiatan-kegiatan mendengarkan, dengan indikator aktivitas belajar sebagai berikut.


a)         Mendengarkan penyajian bahan.
b)        Mendengarkan diskusi dalam kelompok tentang materi passing  sepak bola (kaki bagian dalam)


4.
Kegiatan-kegiatan metrik, dengan indikator aktivitas belajar sebagai berikut.


a)       Melakukan atau mencoba gerakan-gerakan berdasarkan konsep dan ketentuan dalam proses pembelajaran.
b)      Melakukan percobaan gerakan-gerakan baru yang dapat membantu menyempurnakan materi passing sepak bola (kaki bagian dalam).


5.
Kegiatan-kegiatan mental, dengan indikator aktivitas belajar sebagai berikut.


a)          Mengingat kembali materi pelajaran teknik.


b)        Memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran.


6.
Kegiatan-kegiatan emosional, dengan indikator aktivitas belajar sebagai berikut.


a)         Menaruh minat atau bersemangat dalam proses pembelajaran.


b)        Tenang dalam menghadapi dan memecahkan masalah.




Tabel 04. Format Lembar Observasi Aktivitas Belajar Passing Sepak bola
(Kaki Bagian Dalam)

No

Nama
Aspek Yang Diamati

Skor

Ket
Visual
Lisan
Audio
Motorik
Mental
Emosional
a
b
a
b
a
b
a
b
a
b
a
b


1.















2.
dst
















Jumlah


Rata-rata




















Keterangan :
1.      Mendapat nilai 1 bila deskripsi yang tertuang di atas terpenuhi
2.      Mendapat nilai 0 bila deskripsi yang tertuang di atas tidak terpenuhi
3.      Jumlah skor maksimal = 12

Penilaian Hasil Belajar Siswa
Tabel 05. Format Assesmen Passing (Kaki Bagian Dalam).

NO
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor
Passing (Kaki Bagian Dalam)
Awalan
Pelaksanaan
Akhir
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1

















2

















3


















Keterangan
Sikap awal                   : 5
Pelaksanaan                 : 5
Sikap Akhir                 : 5
Jumlah                         : 15


I.  Deskripsi Penilaian Teknik Passing (Kaki Bagian Dalam) Pada Permainan Sepak bola.
Tabel 05. Deskripsi Penilaian Sikap Awal Passing (Kaki Bagian Dalam) Pada Permainan Sepak bola.
Skor
Deskripsi
5
a.       Kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan jauh lebih kurang 10 cm sampai 15 cm dari bola.
b.      Arah kaki tumpu sejajar dengan arah sasaran atau ujung jari menuju ke arah sasaran.
c.       Lutut kaki tumpu ditekuk sehingga berada tegak lurus di atas ujung jari.
d.      Kaki yang menendang diangkat ke belakang dengan posisi kaki melintang tegak lurus arah sasaran, atau kaki yang menendang  tegak lurus kaki tumpu.
e.       Badan agak condong ke depan, kedua tangan terbuka kesamping badan untuk menjaga keseimbangan badan.
4
 4    Dari komponen di atas terpenuhi.
3
 3    Dari komponen di atas terpenuhi.
2
 2    Dari komponen di atas terpenuhi.
1
 1    Dari komponen di atas terpenuhi.

Tabel 06. Deskripsi Penilaian Pelaksanaan Passing (Kaki Bagian Dalam) Pada Permainan Sepak bola.
Skor
Deskripsi
5
a.       Kaki yang menendang diayunkan ke arah depan sehingga kaki bagian dalam tepat mengenai bagian tengah-tengah belakang bola.
b.      Pada waktu menendang bola, mata melihat pada bagian bola yang ditendang, setelah menendang pandangan tertuju pada arah jalannya bola.
c.       Pada waktu menendang bola, badan agak condong ke depan.
d.      Tangan berada disamping badan sebagai penyeimbang tubuh.
e.       Alur bola menggelinding ke depan menyusur tanah.
4
 4    Dari komponen di atas terpenuhi.
3
 3    Dari komponen di atas terpenuhi.
2
 2    Dari komponen di atas terpenuhi.
1
 1    Dari komponen di atas terpenuhi.

Tabel 07. Deskripsi Penilaian Sikap Akhir Passing (Kaki Bagian Dalam) Pada Permainan Sepak bola.
Skor
Deskripsi
5
a.       Setelah kaki yang menendang mengenai bola segera diletakkan di tanah.
b.      Bergerak kearah depan  2 sampai 3 langkah.
c.       Pandangan tetap tertuju pada arah bola dan sasaran.
d.      Posisi tangan tetap terbuka disamping badan untuk menjaga keseimbangan badan.
e.       Badan rileks kembali ke posisi semula.
4
 4    Dari komponen di atas terpenuhi.
3
 3    Dari komponen di atas terpenuhi.
2
 2    Dari komponen di atas terpenuhi.
1
 1    Dari komponen di atas terpenuhi.

Guru Mata Pelajaran
Penjasorkes





I Made Sumerta, S.Pd
NIP. 196312311984041136




MargaApril 2012
Mahasiswa





I Wayan Yudi Astawa
NIM. 0816011022
 

Komentar

  1. Selamat Sore Mas/Pak.
    Mohon Maaf Saya mau Mencontai Karya Nya Mas/Pak, ini saya juga Tugas membuat RPP Sepak Bola, Dengan itu saya meminta Izin untuk mencontai hasil karya nya,
    Mohon Maaf jika saya mencontahi,.
    Sekian dan Terima Kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP K13 Sepakbola kelas X

Mengabdi dipelosok Negeri